Layanan “Someah Pisan:, Inovasi baru BPN Kabupaten Kuningan
Layanan “Someah Pisan” oleh BPN Kabupaten Kuningan |
Pemerintah Kabupaten Kuningan merupakan salah satu pemerintah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang terus melakukan terobosan melalui inovasi-inovasi dalam melayani masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten kuningan melalui Kantor Pertanahan/BPN adalah melalui program layanan baru yang diberi nama “Someah Pisan”. Sebuah inovasi lanjutan setelah program terdahulu seperti Prona, Larasita dan layanan Sabtu-Minggu.
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan melalui Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberdayaan Iwan Ridwan, A.Ptnh, sebagaimana dirilis dari Info Kuningan, Selasa (21/6/2016) menjelaskan, bahwa layanan “Someah Pisan” dilaksanakan dalam rangka mendekatkan dan memberikan kemudahan pelayanan pertanahan kepada masyarakat sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan yang inovatif, partisipatif dan transfaran dengan keramahan budaya lokal.
“Kata “Someah” sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti ramah, merupakan sebuah karakter dari masyarakat Jawa Barat yang terkenal akan keramah-tamahannya. Hal itulah yang dijadikan “ikon” atau ciri oleh Kantor Pertanahan dari layanan ini,” jelas Iwan.
Melalui layanan “Someah Pisan”, masyarakat Kabupaten Kuningan akan mendapatkan informasi dan sosialisasi/penyuluhan yang berkaitan dengan kegiatan pertanahan serta mendapatkan layanan pertanahan dengan sistem on-line. Adapun jenis layanan dalam program layanan tersebut meliputi Pendaftaran Tanah Pertama Kali, Peningkatan Hak Guna Bangunan (HGB) Perumahan, Roya, Pengecekan Serifikat dan pendaftaran Peralihan Hak Karena Jual Beli. Selain itu terdapat juga layanan khusus pada bulan Ramadhan ini yaitu layanan Sertifikasi Tanah Wakaf.
“Sebetulnya layanan Someah Pisan ini belum di launching, tapi sudah kita laksanakan di pertengahan Ramadhan, yang pertama ini dilaksanakan di Pasar Langlangbuana Kuningan dan Alhamdulillah respon masyarakat cukup bagus. Kedepan kami akan melakukan penjadwalan secara khusus untuk menentukan lokasi mana yang akan jadi target sasaran layanan kita, terutama daerah-daerah yang jauh letaknya ke Kantor Pertanahan Kuningan,” pungkas Iwan.
Apapun bentuknya, setiap pemerintah daerah memang harus dituntuk untuk melakukan inovasi-inovasi dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat. Hal itu juga sebagai upaya untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa pelayanan pegawai negeri tidak kalah dengan pelayanan pegawai swasta.
( Sumber : http://www.kuningankab.go.id)
Tweet
Top 5 Popular of The Week
-
Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Demak Tahun 2016-2021 Kabupaten Demak, merupakan salah satu kabuupaten ...
-
WaBup Sleman Resmikan Pusat Kulakan HP (Foto: Pemkab Sleman) Dalam rangka melakukan revitalisasi pasar tradisional, Pemerintah Kabupat...
-
Penataan Permukiman Kumuh Ala “Kotaku”, Tarik Perhatian Tiga Menteri. Kelurahan Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta (foto: kompa...
-
Silaturahmi GP Ansor ke PP Muhammadiyah: Membangun Semangat Kebangsaan dengan Saling Bersinergi Silaturahmi GP Anshor. foto: ...
-
Ratusan Tukang di eks-Karesidenan Pati Ikuti Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Peserta Sertifikasi Tukang mengikuti tes wawanc...
-
Delapan Desa di Kabupaten Pohuwato Jadi Percontohan Program Desa Online. Program Desa Online yang di inisiasi oleh Kementerian D...
-
Banaran Cafe and Co Working Space, Kafe Plat merah di Semarang Atas Inovasi merupakan salah satu hal yang digaung-gaungkan BUMN ...
-
Geevv.com Mesin Pencari Buatan Anak Indonesia Mesin pencari (search engine) merupakan salah satu halaman yang banyak dukunjungi...
-
Kabupaten Penajam Paser Utara siap Cetak Lima Desa Mandiri Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Sebagai kawasan yang akan dir...
-
Kolam Susu : Program Pemkab Wonosobo atasi Masalah Air Minum dan Sanitasi Kabupaten Wonosobo, merupakan salah satu kabupaten di ...